<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6496619\x26blogName\x3d-::+L+O+V+E+will+S+E+T+you+F+R+E+E::\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://tinneke.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://tinneke.blogspot.com/\x26vt\x3d-6149671454343776068', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Thursday, August 31, 2006
Tenggat

Karena terbiasa bekerja dengan tenggat, aku sering membuat banyak deadline harian, bulanan, dan tahunan dalam hidupku. Dalam pekerjaan aku tunduk pada tenggat memang. Tapi, dalam urusan pribadi, aku kerap molor bahkan mengulur-ulur waktu. Baik atau burukkah? Hmmm no comment.

Hari ini, di akhir Agustus, aku lagi-lagi tidak patuh pada tenggat yang aku buat sendiri. Ada banyak hari yang terbuang percuma. Bahkan di ujung-ujung tenggat aku malah santai. Cuek. Boro-boro menyelesaikan urusan itu, aku malah lebih asyik menonton film dan serial film Korea Selatan. Benar-benar.

Aku memang sedang mengerjakan sesuatu, sebut saja pekerjaan rumah, dengan tenggat 31 Agustus. Hanya aku dan Neni yang tahu soal ini. Aku juga sudah berusaha mempersiapkan berbagai hal untuk menyelesaikan pe-er ini. Namun, semakin mendekati deadline kok makin malas. Padahal, pekerjaan ini cuma butuh paling lama dua jam. Bukan perkara besar-besar amat, hiks.

Mamaku selalu gemas melihat aku berjalan terlalu pelan. "Jangan buang waktu, jangan menunda," kata Mamaku berkali-kali. Ihhhhhhh. Adik dan kakakku juga begitu. Neni malah berkali-kali mengingatkan aku untuk menyelesaikan pe-er itu. "Daripada nonton film nggak ada gunanya," kata dia. Yeeeee, enak saja.

Wajar mereka mencak-mencak karena langsung atau tidak langsung mereka juga yang terkena dampaknya, baik atau buruk. Karena biasanya mereka selalu membantuku dengan cara apapun meski kadang-kadang sambil mengomel. Mau bilang apa, ini yang namanya risiko dicintai, hehehe.

Meski begitu aku lebih sering dalam posisi berjalan dengan kain. Pletak, pletok, pelan-pelan. Tenang Mama. Aku merasa waktu begitu sempit, jadi aku harus menikmati setiap detil. Aku tidak mau melewatkan apapun.

Ada banyak yang hal bisa berulang, ada yang cuma sekali dan nyes, lenyap. Aku cuma senang berjalan pelan pada kesempatan atau pekerjaan yang datang berulang. Iya sih, kadang juga aku melewatkan hal-hal yang langka. Tapi, itu cuma masalah persepsi. Ada yang melihat emas itu berharga, ada yang bilang berlian segala-galanya. Menurutku mereka tidak lebih dari benda mati. Lagipula aku tidak banyak pusing dengan kata menyesal berjam-jam.

Kemudian seseorang mengingatkanku untuk lebih fokus. Dia memintaku melihat lagi makna tenggat. "Berhenti bikin tenggat kalau tidak patuh!" kata dia. Ihhhh galak banget sih. Hmmm, dia benar juga. Tak usah bikin tenggat untuk sesuatu yang memang tidak berada dalam kendaliku. Tapi, memang aku tidak pernah membuat tenggat seperti itu. Ya pernah sih, terus kecewa di tengah jalan, dan sejak itu tunduk pada Penentu Tenggat yang sejati.

Iya, iya. Aku mau serius. Mau fokus pada tenggat dengan masalah yang bisa aku kerjakan. Mungkin aku harus melihat kembali tenggat-tenggat yang sudah ada di jadwal tahun ini. Ada yang perlu dicoret. Tapi nggak ah. Kayaknya dari semua itu, ada hal yang perlu aku lakukan. Disiplin Neng. Satu lagi, pe-er harus dibereskan secepatnya. Ya ya ya. Hidup tenggat!

2 Comments :

Benar nih mau Serius??? ku doakan supaya jgn cuma OMDO loh ne. hehe

# by Anonymous Anonymous, at 3:14 PM  

--------------------

Iiihhhhh jahat banget sih, hehehheheh. Kasih komentar yang positif dong, lagi mo serius nihh hahahahhaha

# by Blogger tinneke, at 11:24 PM  

--------------------

Post a Comment

home

my book
It's my first book!
messages
Name :
Web URL :
Message :


archives
February 2004
March 2004
April 2004
May 2004
June 2004
July 2004
August 2004
September 2004
October 2004
November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
December 2007
January 2008
February 2008
May 2008
July 2008
August 2008
November 2008
January 2009
February 2009
March 2009
August 2009
October 2009
April 2011
June 2011
July 2011
November 2011
December 2011
April 2012
June 2012
November 2013
December 2014

links
Detik
Desa-Pelangi
Tempo
Kompas
Liputan6
Journey
Christian Women

resources
Tagboard
Blogger
Google
SXC
HTML
Haloscan
Gettyimages

hit counter
Free Web Counter

BlogFam Community